Tuesday, 19 April 2016

Ingin Baterai Smartphone Awet? Hindari 5 Hal Ini Ketika Charge Smartphone

Tags


Mencharge merupakan suatu proses pengisian daya baterai pada smartphone, dikarenakan fungsi smarphone pun untuk sekarang ini bukan lagi hanya untuk alat telpon dan sms saja namun smartphone kini menjadi suatu alat yang bisa untuk membantu suatu pekerjaan manusia yang lebih banyak menguras daya baterai.

Baca Juga :

Namun tahukah anda dalam proses mencharge smartphone ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti adapter, proses lama atau tidaknya mencharge dan lain sebagainya. Kegunaan dari fungsi tersebut adalah guna untuk merawat smartphone terutama untuk menjaga umur baterai agar lebih tahan lama. Dengan begitu baterai smartphone anda akan jadi lebih awet dan tahan lama. Untuk itu hindari 5 hal berikut ini ketika anda mencharge Smartphone untuk memperpanjang umur baterai smartphone anda. Berikut ulasannya:

1. Jangan Mencharge Dalam Waktu Yang Lama
Kebiasaan seperti ini biasa dilakukan ketika anda mencharge smartphone ketika malam hari, dengan tidak disegaja anda tertidur dan proses mencharge smartphone terus berlangsung dengan waktu yang lama sampai pagi. Kebiasaan seperti ini akan berdampak buruk terhadap kondisi baterai bahkan terhadap smartphone anda. Sebaiknya melakukan charging pada waktu yang bisa dijangkau ketika pengisian sudah penuh atau sudah mencapai 100% dan langsung mengakhiri menchargenya.

2. Jangan Sampai Daya Baterai Habis Total
Jika anda pecandu berat terhadap smartphone pasti anda mengabaikan atau menyepelekan hal ini, saking asik main smartphone anda sampai lupa dengan daya baterai yang sudah sampai untuk di cas atau sudah mendekati batas untuk pengisian. Namun dikarenakan anda disengaja atau tidak anda mengabaikan hal ini sampai baterai smartphone anda habis total. Jika hal seperti ini terus menerus dilakukan jelas akan merusak komponen-komponen pada baterai yang berakibat menurutnya daya tahan baterai. Usahakan mengecas smartphone diantara baterai berkisar antara 30-40%.

3. Jangan Charge Menggunakan Adaptor Bajakan
Jika adaptor/charger smartphone anda hilang atau rusak dan anda membeli charger asal-asalan dengan kata lain charger yang murah? Sebaiknya jangan lakukan itu, sebaiknya anda membeli adaptor yang original/asli. karena adaptor murah/bajakan arus yang dikeluarkan kebanyakan tidak stabil dan tentunya efek ini akan berdampak pada komponen baterai cepat menjadi rusak.

4. Jangan Main Smartphone Sambil Charge
Sebaiknya melakukan pengisian daya baterai smartphone dimatikan saja, karena selain untuk mempercepat proses pengisian juga merawat kondisi baterai. Jika anda bermain smartphone sambil mencharge sekali dua kali mungkin tidak masalah, namun jika hal ini dilakukan terus menerus akan menjadi salah satu penyebab menurunnya daya tahan baterai.

5. Hindari Saat Mencharge Menaruh Smartphone di Tempat Empuk
Sewaktu melakukan pengisian baterai smartphone sebaiknya anda perhatikan dulu dimana anda menaruh smartphone tersebut, jangan asal menaruhnya misalnya anda menaruh di atas kasur, diatas kain dan tempat-tempat empuk lainnya. Ini akan membuat smartphone menjadi lebih panas dikarenakan mencharging di tempat empuk seperti itu panas akan menguap dan menjadikan smartphone sangat panas. Usahakan sewaktu mencharge menaruh smartphone pada tempat yang datar dan keras seperti meja, dan tempat-tempat keras lainnya.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang tidak boleh kamu lakukan ketika sedang melakukan pengisian baterai smartphone. Perhatikanlah hal-hal seperti diatas guna untuk merawat dan peduli terhadap baterai dan smartphone agar menjadi awet. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon