Thursday, 11 August 2016

8 Hal Penting Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Smartphone Bekas

Tags


Penggunaan Smartphone memang sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi untuk sekarang ini, sesuai dengan perkembangan teknologi yang serba digital, namun tidak semua orang mampu membeli smartphone baru, oleh karena itu smartphone bekas menjadi salah satu alternatif yang bagus bagi yang ingin mempunyai smartphone uptodate tentunya dengan harga lebih murah dan terjangkau.

Dalam membeli smartphone bekas kamu harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum kamu membeli smartphone tersebut. Tidak semua smartphone bekas memiliki kualitas yang bagus, kondisi smartphone bekas tersebut tergantung penggunaan oleh pemilik lama, dan belum tentu kondisi smartphone yang ingin kamu beli tersebut dalam kondisi bagus atau tidak sesuai dengan yang kamu harapkan.
Oleh karena itu sebelum membeli smartphone bekas sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal penting berikut ini.

1. Cek Harga Pasaran
Sebelum membeli smartphone bekas kamu wajib mengecek harga pasaran smartphone saat ini. Dan juga kamu wajib mewaspadai jika harga smartphone bekas jauh lebih murah dari harga pasaran, mungkin saja dengan harga murah tersebut smartphone yang akan kamu beli tersebut bermasalah.

2. Periksa Kondisi Dalam Smartphone
Buka cassing smartphone dan masuk kedalam, kamu lihat apakah kondisi dalam smartphone masih bagus atau masih original? mulai dari keaslian baterai, slot sim card, slot memory card.

3. Periksa Booting Smartphone
Coba kamu cek sewaktu smartphone di matikan dan di nyalakan kembali apakah proses booting berjalan dengan baik dan normal? dan pastikan proses bootingnya berjalan normal dan tidak terlalu lama.

4. Periksa Fungsi Kegunaan Smartphone
Poin ke empat ini saya rasa cukup penting, sebelum membeli smartphone bekas kamu diharuskan mengecek satu persatu fungsi dari smartphone tersebut, misalnya seperti cek telepon, coba mengirim sms, memory card terbaca dengan baik apa tidak, port charger dalam pengisian daya masih bagus apa tidak, dan sebagainya.

5. Periksa kelengkapan Smartphone
Kelengkapan smartphone sewaktu membeli menjadi kepuasan pemakai, sebelum membeli smartphone bekas kamu wajib memeriksa kelengkapan-kelengkapan aksesoris smartphone tersebut. Misalnya seperti charger, kabel usb, headfree, dusbox dan sebagainya.

6. Cek Nomor Imei
Nahh, ini poin yang paling penting sebelum kamu membeli smartphone bekas, mengecek imei atau nomor seri smartphone wajib kamu lakukan karena jika nomor imei tidak sesuai bisa jadi smartphone yang akan kamu beli hasil tidak baik, dan dengan mengecek nomor imei buat memastikan keaslian smartphone atau replika. Untuk mengecek nomor imei kamu cukup tekan *#06# dan kamu sesuaikan nomor imei yang ada di smartphone dengan nomor imei yang ada di dusbox.

7. Periksa Sekali lagi Kondisi Smartphone
Jika kamu sudah benar-benar yakin untuk membeli smartphone tersebut, maka kamu wajib mengecek kembali kondisi smartphone tersebut sebelum kamu benar-benar mengambilnya. Kamu pastikan smartphone fisiknya tidak cacat atau pecah seperti kelayakan speaker, camera, telepon, sms dan sebagainya dan pastikan juga softwarenya berjalan dengan baik.

8. Terakhir, Cek Garansi
Sebenarnya poin ini tidaklah terlalu diutamakan bagi pembeli smartphone, karena masa garansi biasanya tidaklah lama dan jika memang smartphone yang akan kamu beli tersebut masih memiliki garansi, itu akan menjadi nilai tambah.

Kedelapan poin diatas merupakan poin penting yang harus anda perhatikan sebelum membeli smartphone bekas. Semoga tutorial diatas menjadi acuan buat kamu yang ingin membeli smartphone bekas, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon