Friday, 26 August 2016

Cara Backup Aplikasi Android Dengan App Backup Restore Transfer

Tags


Hai hai, Pada tutorial kali ini saya akan coba membahas tentang sebuah aplikasi untuk membackup aplikasi android (apk),  sms, dan juga untuk membackup kontak telepon di smartphone android. Sering kali kita jumpai pada smartphone android khususnya smartphone yang memiliki spesifikasi rendah kadang ketika menjalankan sebuah aplikasi sering terjadi crash (program atau aplikasi berhenti berfungsi), nah jika aplikasi crash maka aplikasi tersebut eror dan tidak bisa dibuka lagi kan? terpaksa harus menghapus aplikasi yang eror tersebut dan mendownload kembali.

Untuk  mengatasi terjadinya hal seperti itu kamu wajib melakukan backup aplikasi di smartphone android kamu. Dan dengan melakukan backup dengan App Backup Restore Transfer kamu tidak perlu repot-repot untuk mendownload kembali aplikasi tersebut jika terjadi crash yang hanya akan membuang-buang kouta internet kamu saja.

Apa itu App Backup Restore Transfer? App Backup Restore Transfer adalah sebuah aplikasi untuk membackup atau mencadangkan aplikasi android dan juga untuk memulihkan/merestorenya kembali, selain untuk membackup aplikasi, App Backup Restore Transfer juga bisa untuk membackup panggilan telephon, sms dan kontak telepon. Dan juga App Backup Restore Transfer bisa untuk mentransfer atau mengirim file atau aplikasi ke sesama pengguna App Backup Restore Transfer secara gratis tanpa memakan kouta dan pulsa.

Baca Juga :

Dari penjelasan diatas bisa kita lihat kalau aplikasi App Backup Restore Transfer tidak hanya bisa membackup aplikasi saja tetapi bisa untuk membackup sms dan kontak. Dan jika file atau aplikasi yang telah dibackup tersebut suatu saat dibutuhkan kembali kamu bisa memulihkannya kembali (restore). Bagi kamu pengguna smartphone android saya sarankan untuk memasang aplikasi yang satu ini, untuk apa? untuk mengamankan data dan aplikasi kamu jika terjadi kerusakan atau eror pada smartphone.

Untuk cara memulihkan atau merestore kembali aplikasi yang telah di backup kamu bisa baca disini Cara Restore Aplikasi Android Dengan App Backup Restore Transfer. Lantas bagaimana cara membackup aplikasi menggunakan App Backup Restore Transfer ini? Berikut caranya.

1. Sebelum melakukan backup sebaiknya kamu setting dulu tempat untuk menyimpan hasil backup nanti, saya sarankan untuk memilih kartu memory karena untuk menghindari penuhnya memory internal. Untuk itu berikut langkah-langkahnya. Buka aplikasi "App Backup Restore Transfer" dan pada menu utama pilih icon titik-titik disebelah kanan atas seperti yang terlihat pada gambar nomor 1 dibawah, kemudian pilih "Setelan".

2. Setelah memasuki menu Setelan maka akan terdapat banyak sekali menu untuk kita atur seperti pencadangan otomatis, auto  backup app on list, dan berapa jumlah versi untuk disimpan, tapi disini kita hanya akan mengatur jalur penyimpanannya saja. Maka pada Jalur Diarsipkan pilih tombol Setel. Nah disini untuk jalur cadangan tersedia dua jalur yaitu Internal dan Eksternal,  karena kita ingin menyimpannya di kartu memory maka pilih Eksternal dan kemudian klik "Konfirmasi"(gambar nomor 4) dibawah. Setelah kamu klik Konfirmasi maka secara otomatis akan muncul pesan perubahan jalur untuk cadangan seperti dibawah, pilih saja Ya. Dan untuk tahap pengaturan jalur pencadangan sudah selesai.

3. Setelah kamu selesai mengatur jalur penyimpanan hasil backup maka langkah selanjutnya adalah melakukan backup, Buka kembali aplikasi App Backup Restore Transfer, dan pada menu utama atau "Home" kemudian pilih menu "Aplikasi". Maka akan tampil semua aplikasi yang terpasang di smartphone kamu, kamu bisa menconteng Pilih Semua yang terdapat di sudut kiri atas atau memilih aplikasi apa saja yang mau dibackup, kemudian klik "Cadangkan". Untuk proses backup atau mencadangkan, lama atau tidak nya proses ini tergantung jumlah dan besar aplikasi yang dibackup.

Sekian dulu tutorial kali ini, saran saya sering-seringlah melakukan backup data, mau itu aplikasi, foto, musik dan sebagainya untuk menghindari kehilangan data pada smartphone kamu lakukan backup berkala.Oke sampai disini dulu dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon