Saturday, 3 September 2016

Begini Cara Update Driver VGA Laptop Yang Baik Dan Benar

Tags


Video Grafik Adapter atau yang biasa disebut VGA merupakan hardware yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer/laptop menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Misalnya dalam permainan game VGA ini sering disebut kartu VGA atau kartu grafis yang perannya sangat penting untuk menjalankan game tersebut dengan lancar. Semakin besar atau tingginya ukuran VGA maka akan semakin bagus performanya. 

Kartu VGA terbagi dua macam versi yaitu VGA On Board dan VGA Card add-on.
VGA On Board : VGA yang sudah tergabung atau sudah ditanamkan kedalam motherboard saat membeli sebuah motherboard atau komputer sudah ada, dan vga jenis ini biasanya disesuaikan dengan kinerja komputer/laptop tersebut.
VGA Card add-on : VGA yang terpisah dari motherboard yang artinya VGA ini bisa dipasang dan dilepaskan sehingga VGA ini bisa ditambahkan dengan memasang VGA yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga :

Kartu VGA tersebut juga memerlukan driver untuk bisa berjalan sempurna, tanpa ada driver kartu vga tidak ada artinya. Setelah kartu vga dipasang pada laptop/komputer maka wajib menginstal drivernya, dan juga biasanya setelah melakukan instalasi ulang windows juga wajib melakukan install driver vga. Vendor driver vga juga selalu menyediakan update terbaru biasanya bisa sebulan, dua bulan atau tergantung dari vendor nya itu sendiri.

Namun jika vga mesti di update setiap kali update di rilis maka bagaimana cara mengupdate vga yang baik dan benar? Karena jika mengupdate driver vga tidak benar maka akan berdampak pada aplikasi yang dijalankan yang membutuhkan vga seperti game misalanya akan terasa lambat atau lag saat dimainkan.

Berikut ini saya akan membagikan tips bagaimana cara mengupdate driver VGA yang baik dan benar. Tapi sebelum melakukan update driver vga nya baiknya uninstal terlebih dahulu driver lama dengan menggunakan software uninstaler, pada tutorial ini saya menggunakan Revo Uninstaller. Untuk itu berikut caranya.

Langkah Uninstall Driver Lama :
Buka Revo Uninstaller kemudian cari driver vga yang terinstall, misalnya disini saya menggunakan Nvidia, maka pilih Nvidia kemudian Uninstall. Dan tunggu biasanya proses Preparing uninstal ini memakan waktu sekitar satu atau dua menit. Jika proses preparing selesai selanjutnya Pilih "Uninstall". Dan jika proses uninstall driver VGA tersebut sudah selesai maka pilih "Restart Later".

Selanjutnya pilih option "Advance" kemudian "Next". Dan conteng semua yang berhubungan dengan driver VGA (gambar nomor 5), kemudian "Delete". Jika muncul pesan konfirmasi delete, maka pilih Yes.

Jika sudah selesai di Delete maka pilih Next untuk melanjutkannya ke tahap berikutnya. Pada tahap ini silahkan pilih "Select All" kemudian "Delete" untuk menghapus sisa file sampah dari driver VGA tersebut.

Langkah Instalasi Driver VGA Yang Baru :
Jalankan Driver VGA tersebut dan jika muncul pesan untuk di ekstrak seperti ini klik saja OK. Setelah driver selesai diekstrak maka akan otomatis terinstall dengan mengecek kecocokan system.

Jika systemnya cocok dengan driver maka akan dihadapkan pada licence agreement, pilih Agree And Continue. Untuk pilihan instalasi pilih Express kemudian Next. Dan tunggu sampai proses instalasinya selesai. Jika proses instalasi driver VGA selesai, klik Close. Selesai.

Itulah cara-cara mengupdate driver VGA yang baik dan benar, cara ini bisa kamu terapkan kesemua jenis VGA seperti AMD maupun Nvidia. Sekian dulu dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon