Thursday, 1 September 2016

Cara Flashing Samsung Galaxy J1 SM-J100H Lengkap Dengan Gambar

Tags


Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara flashing pada Samsung Galaxy J1 atau yang biasa disebut dengan instal ulang dengan menggunakan Odin. Melakukan flashing pasa smartphone merupakan hal yang wajib dilakukan jika smartphone mengalami masalah pada system androidnya, apalagi jika kamu yang hobi memodifikasi system tentunya pasti pernah mengalami masalah pada system android kan? Untuk itu simak tutorial berikut ini.

Apa itu Flashing? Flashing merupakan suatu proses menghapus seluruh data system yang lama dan mengganti dengan system yang baru, yang menjadikan smartphone seperti baru lagi. Alasan seseorang melakukan flashing tersebut adalah dikarenakan Samsung Galaxy J1 atau smarphone mengalami masalah pada system. Masalah-masalah yang dimaksud tersebut seperti bootloop, aplikasi sering eror, smartphone terasa lambat dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Untuk melakukan flashing ini ada hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, pastikan kamu sudah membackup data, karena proses flashing ini akan menghapus semua data yang ada pada Samsung Galaxy J1 kamu. Jika Samsung Galaxy J1 bootloop maka proses backup sudah tidak bisa dilakukan.

Adapun alat atau bahan yang harus dipersiapkan sebelum melakukan flashing adalah sebagai berikut :
  • Kabel USB Samsung
  • SAMSUNG USB Driver for Mobile Phones,
  • Odin, pada tutorial ini saya sudah menggunakan Odin versi 3.11.1. Odin ini tersedia gratis bersama firmware di situs resmi samsung.
  • Firmware Samsung Galaxy J1, untuk firmware Samsung Galaxy J1 kamu bisa langsung mendownloadnya secara gratis dari situs resmi Samsung. Baca disini Cara Download Firmware Samsung Semua Tipe Lengkap Dengan Gambar

Jika ke empat bahan tersebut sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan flashing pada Samsung Galaxy J1. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Flashing Samsung Galaxy J1 :

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah ekstrak terlebih dahulu firmware Samsung Galaxy J1 yang telah kamu download sebelumnya. File firmware Samsung Galaxy J1 tersebut berformat .tar.md5 dengan ukuran biasanya sekitar 500mb.

2. Buka software Odin pada PC kemudian load firmware Samsung Galaxy J1 yang telah di ekstrak tadi ke dalam aplikasi Odin dengan cara memilih "AP"  seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian cari dimana firmware yang telah di ekstrak tadi dan load ke software Odin. Lamanya proses loading firmware ke dalam Odin biasanya sekitar 1 menit, jika proses loading ini sukses maka tampilan pada "Log" Odin akan seperti gambar dibawah.

3. Selanjutnya matikan Samsung Galaxy J1, kemudian masuk ke dalam "Mode Download" dengan cara menekan tombol "Power + Home + Volume Down (-)" secara bersamaan. Maka nantinya akan muncul peringatan untuk masuk ke dalam "Mode Download", dan tekan tombol "volume up" untuk melanjutkan ke mode download.

4. Sambungkan Samsung Galaxy J1 kamu dengan PC (Pastikan kamu sudah menginstal driver samsung usb pada PC kamu). Jika Samsung Galaxy J1 sudah terdeteksi atau terbaca pada PC maka tampilan pada Log Odin akan muncul tulisan "Added!" seperti gambar dibawah. Kemudian klik "Start" untuk memulai flashing Samsung Galaxy J1.

5. Dan untuk proses flashing ini jika berjalan dengan lancar, maka lamanya proses ini sekitar 20 menitan. Dan jika pada Odin sudah muncul tulisan "PASS!" seperti ini yang terlihat pada gambar dibawah berarti flashing Samsung Galaxy J1 telah sukses, dan Samsung Galaxy J1 kamu sudah bisa dicabut dari laptop atau komputer.

Itulah langkah-langkah atau cara untuk memflashing Samsung Galaxy J1 menggunakan software Odin. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon