Tuesday, 6 September 2016

Cara Mudah Membuat Video Tutorial Dengan Camtasia


Camtasia adalah sebuah software editor video yang mempunyai fitur yang sangat lengkap. Sebagai fungsi asli Camtasia merupakan aplikasi untuk merekam layar desktop komputer atau laptop dengan fitur mempuni. Jika kamu ingin membuat video dokumentasi atau video tutorial saya sarankan untuk menggunakan Camtasia, dimana selain dengan fitur yang lengkap camtasia juga mudah digunakan.

Dimana Camtasia mempunya 2 aplikasi yang saling membutuhkan yaitu Camtasia Recorder yang fungsinya untuk merekam aktifitas layar desktop dan Camtasia Studio yang fungsinya untuk mengedit langsung hasil merekam dengan menggunakan  Camtasia Recorder.

Berikut ini adalah beberapa fitur dari Camtasia :
  • Merekam semua aktivitas pada layar komputer/laptop
  • Bisa di share atau publikasi langsung ke youtube
  • Cocok untuk membuat dokumentasi tutorial
  • Bisa merekam permainan game
  • Edit dan animasi yang menarik
  • Mendukung Format hasil video file yang beragam
  • Dan masih banyak lagi fitur lainnya

Apa itu Video Tutorial? Video Tutorial adalah video yang membantu atau membimbing belajar seseorang untuk membantu dalam kelancaran proses belajar dengan menggunakan bantuan video untuk mengarah pada langkah-langkah atau cara-cara menyelesaikan pada suatu materi tersebut.
Sebenarnya membuat video tutorial tidaklah sulit, kamu cukup merekam aktivitas layar komputer dan sedikit mengedit pada video tersebut supaya yang menonton video tutorial lebih cepat memahami isi video tersebut. Lantas bagaimana caranya membuat video tutorial tersebut dengan menggunakan Camtasia? Berikut cara-caranya:

1. Buka Camtasia Recorder 8 kemudian atur ukuran layar yang akan hendak di rekam, Camtasia menyediakan dengan ukuran layar rekam Full screen dan Custom (sesuai keinginan kita), setting juga Audio jika ingin merekam suara, jika sudah kemudian klik Rec untuk memulai merekam layar desktop.

Jika proses perekaman dirasa sudah cukup maka klik Stop untuk mengakhirinya dan otomatis akan menampilkan pesan untuk menyimpan dan mengedit project, klik "Save & Edit" untuk melanjutkan ke tahap pengeditan video hasil rekaman tersebut. Otomatis Camtasia Studio akan terbuka untuk mulai mengedit, dan tentukan juga ukuran resolusi video

2. Untuk proses pengeditan Camtasia menyediakan beberapa fitur atau efek untuk menjadikan video tutorial jadi lebih menarik, fitur atau efek pertama dari Camtasia adalah
  • Library adalah tema yang ada pada Camtasia, dengan menambahkan tema ini maka video editan akan terlihat lebih menarik. 
  • Call Out yaitu berisi shape-shape yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian pada video yang di anggap penting. 
  • Zoom-n-Pan adalah fungsinya untuk mengatur Scale kita dan bisa men-Zoom atau memperbesar video di bagian-bagian tertentu sesuai dengan keinginan kita. 
  • Audio Funginya untuk mengedit audio atau untuk mengedit efek suara yang telah kita masukan kedalam timeline camtasia. 
  • Trantition adalah untuk memberi efek transisi pada sebuah video. 
  • Dan masih banyak lagi fitur-fitur untuk mengedit video tutorial seperti Cursor effect, visual properties, dan lain-lain. Selain itu Camtasia juga menyedian fitur untuk memotong dan menyambungkan clip video, dan juga untuk mengcopy paste clip.

3. Untuk menghasilkan video tutorial lebih keren kamu juga bisa menambahkkan musik kedalam video tersebut dengan menyeret musik tersebut ke dalam jendela Camtasia. Dam jika proses pengeditan video tutorial kamu di rasa sudah selesai, jangan lupa untuk menyimpannya dengan memilih "Produce And Share". Kemudian kamu akan diminta untuk memilih jenis video yang akan dihasilkan, kemudian klik "Next" untuk melanjutkan. Tentukan lokasi penyimpanan video yang telah kamu edit, kemudian klik "Finish".

Demikianlah cara mudah membuat video tutorial menggunakan software Camstasia, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon