Wednesday, 28 September 2016

Cara Scan Dokumen Menggunakan Smartphone Android

Tags

CamScanner

Hai hai sobat semua apa kabarnya nih? mumpung masih dalam suasana lebaran idul adha ini saya ucapkan met idul adha aja buat yang ngerayainnya. Udah telat yah?? tapi gapapa lah hehee. Dan pada kesempatan ini saya akan membagikan tips bagaimana menjadikan smartphone android sebagai alat scanner. Pada tutorial sebelumnya saya juga sudah memposting artikel yang sama cuma aplikasinya yang berbeda. Pada tutorial kali ini saya menggunakan aplikasi scanner untuk smartphone android yaitu CamScanner,  dan aplikasi scanner ini cukup bagus menurut saya.

Apa itu CamScanner? CamScanner adalah sebuah aplikasi android yang fungsinya untuk menscan dokumen, kartu nama, menscan foto dan lain-lain. CamScanner merupakan aplikasi scanner android yang paling banyak digunakan, selain mempunyai fitur-fitur yang lengkap juga sangat mudah digunakan.

Baca Juga :

Lantas bagaimana cara untuk scan dokumen menggunakan smartphone android dengan aplikasi CamScanner tersebut? Untuk itu berikut ulasan lengkap Cara Scan Dokumen Menggunakan Smartphone Android.

Buka aplikasi CamScanner kemudian sentuh icon camera dan arahkan kamera ponsel ke dokumen atau apa saja yang ingin di scan, jika posisinya sudah pas sentuh icon camera untuk memulai proses scanning (gambar nomor urut 2). Jika sudah melakukan scan pada dokumen tersebut, kemudian seret sudut "titik putih" tersebut untuk menyesuaikan posisi dokumen yang di inginkan (gambar nomor urut 3), dan klik tanda "Ceklis" untuk menyelesaikan. 

Pada langkah ini (gambar nomor urut 4) kamu bisa mengedit, mengatur warna dan merotasi dokumen, klik tanda "Ceklis" untuk melanjutkan. Dan hasil scanning sudah disimpan pada aplikasi CamScanner di ponsel, jika kamu ingin mengirim atau berbagi file tersebut kepada teman maka kamu cukup klik icon "Share". Kemudian pilih format file yang ingin di kirim, format disini tersedia TXT, PDF dan JPG, klik pada salah satu format tersebut untuk membagikan kepada teman atau siapa saja.

Jika proses scanning sudah selesai maka tahap selanjutnya adalah untuk menyimpan file hasil scanning dokumen tersebut ke dalam bentuk PDF, untuk itu kamu cukup meng-klik icon PDF yang terdapat di bagian atas aplikasi CamScanner (gambar nomor urut 5). Kemudian klik pada menu "tiga titik" (gambar nomor urut 6). Dan terakhir pilih "Unduh" untuk menyimpannya ke perangkat ponsel kamu. Selesai !

Bagaimana? Mudah bukan cara scan dokumen dengan menggunakan smartphone android? Cara seperti ini menjadi cara alternatif jika diwaktu santing kita membutuhkan file scanning jadi kita tanpa perlu repot-repot mencari rental scanner. Oke sekian dulu tutorial hari ini selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon