Wednesday, 12 October 2016

5 Aplikasi Yang Bikin Smartphone Jadi Lambat

Tags


Android memang menyediakan ratusan aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis di playstore yang memudahkan kamu untuk memiliki semua aplikasi yang di inginkan. Lantas bukan berarti kamu bisa meng-install semua aplikasi sesuka hati yang hanya membuat ruang penyimpanan smartphone kamu jadi penuh. Sebaiknya kamu meng-install aplikasi apa saja yang kamu anggap penting dan  bisa mendukung aktifikas kamu sehari-hari.

Namun jika kamu meng-install aplikasi yang terlalu banyak tentunya akan membuat smartphone kamu jadi lambat. Karena semakin kecil nya ruang penyimpanan pada smartphone akan membuat smartphone jadi semakin lambat. Tentu di antara aplikasi-aplikasi yang terpasang pasti ada aplikasi-aplikasi yang memberatkan kinerja smartphone tersebut.

Baca Juga :

Mungkin ada diantara kamu yang bertanya? Kenapa smartphone saya lambat padahal saya menginstall apalikasi cuma sedikit dan ruang penyimpanan pun tidak penuh tapi smartphone jadi lambat?. Mungkin itu di sebabkan oleh aplikasi-aplikasi yang besar dan berat yang bisa membuat kinerja smartphone kamu jadi lemot. Jika aplikasi tersebut dianggap tidak terlalu penting sebaiknya di hapus saja untuk meringankan kinerja smartphone kamu. Untuk itu berikut saya uraikan lima aplikasi yang bikin smartphone kamu jadi lambat :

1. Facebook
Facebook merupakan aplikasi jejaring sosial yang sangat populer, dengan facebook kamu bisa berbagi foto, video dengan terhubung ke semua orang terdekat. Namun perlu kamu tau, aplikasi facebook ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa memberatkan dan menjadikan smartphone kamu lambat. Sebaiknya gunakan browser untuk membuka facebook dan gunakan aplikasi facebook lite dengan ukuran yang kecil dan lebih ringan.

2. Widget Cuaca
Widget cuaca merupakan aplikasi prakiraan cuaca, aplikasi ini sangat membantu pengguna untuk mengetahui keadaan cuaca pada hari tersebut secara langsung.  Namun aplikasi cuaca ini tergolong aplikasi yang boros dengan banyak menguras daya baterai aplikasi cuaca ini dapat menyebabkan smartphone lembat.

3. Aplikasi Cleaner/Pembersih
Untuk meningkatkan performa smartphone memang disarankan untuk menghapus sisa-sisa aplikasi atau data cache aplikasi. Semakan banyaknya file sampah pada smartphone akan banyak memakan ruang penyimpanan. Banyak aplikasi pembersih yang tersedia secara gratis di playstore seperti CC Cleaner, Clean Master dan sebagainya, memang aplikasi tersebut bisa menghapus semua file sisa atau file sampah dari sebuah aplikasi, namun aplikasi tersebut juga menyisakan file sampah yang dapat menyebabkan smartphone jadi lambat dan cepat menguras daya tahan baterai. Untuk membersihkan file sampah/cache sebaiknya gunakan cara manual dengan masuk ke setting>aplikasi dan pilih aplikasi kemudian clear cache.

4. Aplikasi Browser
Aplikasi browser memang diperlukan untuk mengakses ke situs internet yang di inginkan, namun ada browser yang justru membuat smartphone lambar, seperti browser pembawaan hp, aplikasi browser pembawaan hp tersebut dapat memakan kouta internet yang besar serta ukurannya yang besar membuat aplikasi tersebut jadi berat buat smartphne apalagi smartphone yang mempunyai spesifikasi rendah. Jika kamu menggunakan browser, sebaiknya gunakan browser seperti CM Browser, Opera Mini, dan UC Browser.

5. Antivirus
Virus bukan saja menginfeksi pada komputer saja tapi smartphone juga bisa terinfeksi virus berbahaya. Maka dari itu smartphone juga butuhkan sebuah antivirus untuk mencegah virus berbahaya menyerang smartphone kamu. Selain itu antivirus juga memiliki kekurangan dimana aplikasi antivirus ini dapat memakan ram dan daya baterai yang cukup besar. Untuk mencegah smartphone terkena virus, jangan suka meng-klik link-link yang tidak jelas karena siapa tau pada link tersebut disusupi virus berbahaya, dan selalu install aplikasi langsung dari playstore karena playstore 100% aman dari virus.

Itulah ke-lima aplikasi yang bisa membuat smartphone jadi lambat, jika memang dianggap tidak penting ada baiknya aplikasi-aplikasi tersebut di hapus guna meningkatkan performa smartphone. Sekian dulu tips hari ini semoga bermanfaat.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon