Saturday, 29 October 2016

5 Cara Ampuh Meningkatkan Performa Windows 10 Yang Lambat

Tags


Windows 10 merupakan windows terbaru yang dirilis oleh microsoft, dimana windows 10 merupakan penyempurnaan dari windows sebelumnya yaitu windows 8. Untuk proses booting windows 10 memang terbilang sangat cepat di bandingkan windows-windows sebelumnya, di tambah lagi kinerjanya yang lebih halus menjadikan windows 10 lebih mantap digunakan.

Menggunakan windows 10 memang menjadikan PC atau Laptop terasa smooth digunakan, namun apakah Laptop atau PC kamu masih saja lambat atau lag ketika beroperasi?. Sebenarnya hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, faktor yang menjadikan windows 10 lambat adalah spesifikasi yang rendah menjadikan salah satu faktor utama, selain itu banyak aplikasi dan program yang terinstall di komputer juga bisa menyebabkan windows 10 jadi lambat.
Untuk mengatasi performa windows 10 yang lambat sangatlah mudah, dengan beberapa tips ini akan mendongkrak performa windows 10 kamu menjadi super cepat. Penasaran? Berikut tips cara meningkatkan performa windows 10 yang lemot.

1. Matikan Fitur Animasi Dan Efek Yang Berlebihan
Untuk PC yang memiliki spesifikasi rendah sangat disarankan untuk menonaktifkan fitur animasi dan efek yang ada pada windows 10 ini. Karena fitur-fitur tersebut juga bisa menyebabkan performa windows 10 jadi lambat.
Untuk cara menonaktifkan fitur animasi ini kamu bisa masuk ke Control Panel>System and Security>System>Advanced System Settings

2. Uninstall Aplikasi Bawaan (Bloatware)
Aplikasi bawaan pada windows 10 juga menggunakan kinerja CPU yang menjadi salah satu penyebab lambatnya windows 10. Sama seperti pada smartphone yang memiliki aplikasi bawaan atau bloatware, pada windows 10 juga mimiliki aplikasi-aplikasi bawaan tersebut yang menjadikan performa windows 10 menurun.

3. Matikan Program Yang di Anggap Tidak Penting
Semakin banyak program yang berjalan di belakang layar akan membuat windows 10 jadi lemot. Untuk program atau aplikasi yang jarang digunakan ada baiknya di disable saja.
Untuk men-disable atau menonaktifkan program yang tidak dipakai kamu bisa masuk Task Manager dengan menekat tombol Ctrl+Shift+Esc. Kemudian pilih tab Startup, pada tab startup akan di tampilkan program-program yang berjalan ketika windows baru membuka windows. Pilih pada program tersebut kemudian Disable.

4. Gunakan Windows Troubleshooter
Tool Windows Troubleshooter untuk memeriksa masalah yang terjadi terhadap performa windows 10 dan dapat memperbaikinya secara otomatis.
Cara menggunakan tool ini kamu masuk ke Control Panel>All Control Panel Items>Troubleshooting>Run Maintenance Task, kemudian akan muncul Troubleshoot and help prevent computer problems dan klik Next

5. Scan Virus Secara Berkala
Spesifikasi sudah mempuni namun performa PC atau Laptop tetap saja lambat, mungkin hal tersebut disebabkan oleh virus atau malware yang bersarang di PC atau laptop kamu. Virus tersebut secara diam-diam berjalan di balik layar yang membuat performa PC atau Laptop kamu jadi menurun dan lambat. Untuk mengatasi hal tersbut pasang antivirus yang yang bisa menjaga keamanan PC kamu dengan baik.

Itulah 5 cara jitu untuk meningkatkan performa windows 10 yang lambat, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon