Tuesday, 11 October 2016

Begini Cara Membuat Partisi SD Card Yang Benar Dengan MiniTool Partition

Tags


Jika kamu pernah menggunakan aplikasi Link2SD android pasti tau cara membuat atau membagi partisi pada kartu SD, karena dengan membuat partisi tersebut kita dapat menentukan partisi khusus untuk sistem yang di gunakan pada Link2SD nantinya untuk bisa Install Aplikasi Android Langsung Ke Kartu SD. Namun buat kamu yang belum tau cara membuat partisi pada kartu SD tenang aja karena saya akan membagikan tips cara membuat partisi pada kartu SD dengan software Minitool Partition.

Apa itu Minitool Partition? Minitool Partition adalah sebuah software untuk mengelola harddisk seperti untuk memindahkan partisi, mengatur ukuran partiisi, membuat atau menghapus partisi dan masih banyak lagi. Untuk sistem operasi Minitool Partition sendiri sudah mendukung mulai dari Windows 200, Windows XP, windows Vista, Windows 7 dan 8, dan Windows yang terbaru sekarang yaitu Windows 10.

Baca Juga :

Untuk penggunaan Minitool Partition ini tidaklah sulit karena dengan tampilan yang sangat mudah di pahami oleh pengguna baru sekalipun. Untuk itu berikut ini langkah-langkah cara membuat partisi pada kartu SD dengan menggunakan Minitool Partition.

1. Sambungkan Kartu SD atau memory card ke laptop/komputer, bisa menggunakan cardraeder atau apa saja yang bisa tersambung kartuSD ke laptop. Kemudian buka Minitool Partition pada laptop atau komputer, kemudian pilih pada "Disk 2". Disk 2 ini merupakan kartu memory yang telah kita sambungkan ke laptop dan klik "Create". Selanjutnya akan muncul jendala pengaturan untuk membuat partisi baru (gambar nomor urut 2 dan 3).

Ingat, partisi yang kita buat tahap pertama ini nantinya untuk menyimpan file-file seperti musik, video, gambar dan sebagainya. Untuk pengaturannya pada "Create As" pilih "Primary" dan pada "File System" pilih "FAT32(lihat gambar nomor urut 2 dan 3). Dan untuk "Size And Location" kamu bisa atur sesuai selera, jika dirasa sudah cukup maka klik "OK".

2. Kemudian kita buat satu lagi partisi, partisi kedua ini nantinya jika kamu ingin menerapkan nya pada aplikasi Link2SD maka pengaturan seperti ini sudah tidak asing lagi bagi kamu untuk membuat partisi untuk sistem. Untuk membuat partisi kedua, langkah-langkahnya sama saja dengan membuat partisi pertama. Caranya pilih pada partisi yang "Unlocation" kemudian "Create(gambar nomor urut 1). Setelah kamu klik "Create" untuk membuat partisi kedua maka akan muncul pesan konfirmasi, klik saja "Yes" untuk melanjutkan dan terakhir klik "OK".

3. Kartu SD sudah mempunyai dua partisi yaitu partisi pertama untuk menyimpan file-file penting dan partisi kedua untuk file sistem. Terakhir klik "Apply" untuk menyimpan semua pengaturan partisi. Jika muncul pesan konfirmasi lagi klik "Yes". Nah, langkah membuat partisi pada kartu memory sudah selesai dan tunggu sesaat sampai prosesnya selesai. Jika proses seperti diatas sudah selesai maka kartu SD sudah bisa di cabut dari laptop/komputer.

Demikian untuk tutorial Cara Membuat Partisi Kartu SD Dengan MiniTool, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon