Thursday, 20 October 2016

Begini Cara Mengenali Ciri-Ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya

Tags


Aplikasi pada sistem operasi android merupakan sebuah perangkat lunak yang di ciptakan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu pada ponsel android. Aplikasi untuk sistem operasi android bisa di unduh melalui playstore yang terdiri dari aplikasi yang berbayar maupun gratis. Namun perlu kamu ketahui dan harus berhati-hati untuk memasang dan menggunakan aplikasi yang memiliki ciri-ciri berbahaya untuk digunakan yang bisa memungkinkan aplikasi tersebut memiliki virus berbahaya yang bisa mencuri data dan merusak sistem ponsel android kamu.

Untuk memilih aplikasi kita di tuntut untuk bisa mengenali apakah aplikasi tersebut memiliki virus atau tidak, apakah aplikasi itu aman digunakan atau tidak. Jika kita tidak teliti maka akan berakibat fatal bagi ponsel android yang kita gunakan. Banyak peretas yang memanfaatkan aplikasi-aplikasi gratis untuk menyebarkan virus berbahaya ke pengguna android di seluuruh dunia.

Baca Juga :

Namun kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi-aplikasi yang memiliki virus bisa di kenali dari ciri-ciri aplikasi tersebut. Penasaran? ciri-ciri apa saja yang patut kita curigai aplikasi yang memiliki virus? berikut ulasannya.

1. Developer Aplikasi Tidak Jelas
Setiap aplikasi tentunya memiliki developer atau pengembang aplikasi tersebut, sebelum memasang aplikasi di ponsel android kamu sebaiknya periksa terlebih dahulu pengembang aplikasi tersebut. Jika pengembang aplikasi tersebut tidak jelas maka urungkan niat untuk memasang aplikasi tersebut karena bisa berpotensi aplikasi tersebut memiliki virus.

2. Aplikasi Yang Bukan Dari Playstore
Playstore menawarkan berjuta aplikasi yang bisa di unduh secara gratis maupun berbayar, tapi banyak pengguna android yang mengunduh aplikasi bukan dari playstore, tindakan seperti itu sangat beresiko terhadap ponsel android karena aplikasi yang bukan dari playstore belum tentu aman dari virus.

3. Perhatikan Jumlah Pengguna
Untuk aplikasi yang berkualitas tentunya memiliki jumlah penggunya yang banyak, sebelum memasang aplikasi tersebut pastikan kamu memeriksa juga jumlah pengguna aplikasi tersebut. Karena jika pengguna terhadap aplikasi tersebut rendah maka patut di curigai aplikasi tersebut.

4. Penginstalan Aplikasi Yang Tidak Lazim
Jika sewaktu kamu menginstall aplikasi tidak seperti biasanya atau tidak lazim maka aplikasi tersebut bisa saja mengandung virus yang meminta memasukkan password, mengakses kontak dan yang tidak lazim lainnya

5. Penilaian Aplikasi Oleh Pengguna
Aplikasi yang mempunyai reputasi yang baik pasti memiliki penilaian yang baik oleh penggunanya, jika aplikasi tersebut memiliki rating yang rendah dan penilaian yang jelak maka bisa saja aplikasi tersebut tidak aman digunakan.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui ciri-ciri aplikasi yang berbahaya bagi ponsel android, untuk mengunduh dan menginstall aplikasi ada baiknya melalui playstore karena lebih aman. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon