Friday, 24 February 2017

Kenali 5 Tanda Ini Jika Ponsel Kamu Tidak Ingin di Sadap

Tags


Kata sadap bukan hal yang asing lagi terdengar dalam dunia teknologi dan telekomunikasi saat ini. Pengertian sadap pada ponsel merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mematai-matai aktifitas ponsel korban tanpa sepengetahuan korbannya. Penyadapan ini jelas merugikan korbannya karena pelaku dengan leluasa bisa mengetahui semua informasi penting dan seluruh isi dalam ponsel si korban.

Untuk penyadapan itu sendiri sebenarnya ada beberapa faktor yang mendorong sipelaku melakukan penyadapan terhadap ponsel korbannya itu, misalnya untuk mencuri informasi penting yang ada dalam ponsel korban, atau hanya sekedar ingin mengetahui aktifitas ponsel korban sehari-hari saja.

Baca Juga :

Untuk menghindari terjadinya korban penyadapan kita selaku pengguna teknologi khususnya ponsel untuk berhati-hati dalam menggunakan dan menjelajah dunia internet karena bisa saja dengan tidak sadar program jahat akan menyusup ke ponsel kita. Dengan begitu tanpa disadari kita telah menjadi korban penyadapan.

Sebenarnya kita bisa mengenali dengan mudah ciri-ciri ponsel kita telah disadap atau tidak, gunanya untuk memastikan bahwa ponsel yang kita gunakan benar-benar aman dan bebas dari aksi penyadapan orang orang yang tidak bertanggung jawab. Penasaran? Berikut lima ulasan ciri-ciri ponsel yang berkemungkinan besar telah disadap.

1. Performa Smartphone Menurun
Jika performa smartphone kamu menjadi lambat, cara yang pertama kamu lakukan adalah untuk mengatasinya dengan beberapa cara seperti membebaskan ruang penyimpanan, menghapus aplikasi yang jarang dipakai, membersihkan cache. Jika solusi diatas tidak memberikan dampak yang bagus, smartphone menjadi lambat itu bisa disebabkan oleh malware yang tanpa disadari ada pada smartphone.

2. Konsumsi Data Tidak Wajar
Aplikasi yang terpasang di smartphone sebagian besarnya memang memerlukan koneksi atau jaringan internet, seperti yang kita tau aplikasi sosial, game online memerlukan jaringan internet dan aplikasi-aplikasi lainnya.
Memantau penggunaan data internet merupakan pencegahan terhadap masalah di smartphone kamu, dengan memantau secara berkala akan mempermudah pengguna dalam menganalisa pemakaian data internet pada smartphone secara berkala. Karena jika konsumsi data tidak sesuai dengan pemakaian mungkin saja ada masalah pada smartphone tersebut. Dan kemungkinan besar adalah malware berjalan dibelakang layar dengan memakai jaringan internet pada smartphone tersebut.

3. Baterai Cepat Habis
Sudah menjadi hal yang wajar jika baterai smartphone cepat habis dikarenakan penggunaan aplikasi,  bermain game, belum lagi aplikasi yang berjalan dibelakang layar, selain itu bisa juga baterai yang sudah usang menjadi penyebab baterai cepat habis.
Namun selain faktor diatas, baterai smartphone cepat habis tanpa penggunaan yang berlebihan bisa kemungkinan smartphone tersebut sudah disusupi oleh pihak ketiga atau malware. Solusinya adalah dengan tidak memasang aplikasi sembarangan dan menghapus aplikasi-aplikasi yang dianggap mencurigakan.

4. Aplikasi Mencurigakan
Aplikasi berbahaya tersebut biasanya terpasang tanpa diketahui oleh penggunanya dan tidak terdeteksi di layar utama perangkat. Kendati tidak terdeteksi dilayar, namun aplikasi berbahaya tersebut dapat berjalan di belakang layar. Penyebabnya adalah pengguna sering memasang aplikasi pada perangkatnya yang bukan dari aplikasi resmi, hal tersebut sangatlah beresiko untuk disusupi program berbahaya yang mengintai perangkat korban. Solusinya adalah selalu memasang aplikasi dari toko aplikasi resmi yang sudah terjamin keamanannya.

5. Spam
Spam adalah pesan singkat yang dikirim secara terus menerus tanpa persetujuan oleh penerimanya, ini merupakan salah satu kejahatan pelaku kejahatan cyber yang biasanya menyerang melalui pesan singkat atau spam untuk memata-matai bahkan mengambil alih kontrol pada perangkat korbannya, dengan mengambil celah kelengahan korban seperti ini untuk menyusup ke perangkat korban. Jika pelaku berhasil masuk, pelaku bisa mengirim pesan secara diam-diam tanpa diketahui oleh korbannya. Solusinya adalah dengan mengecek pesan masuk maupun pesan keluar di perangkat, jika ada pesan yang mencurigakan untuk jangan sembarang membuka dan sebaiknya pesan tersebut dihapus saja.

Itulah lima faktor tanda ponsel telah di susupi atau telah disadap, dengan adanya tanda-tanda seperti diatas kita bisa mengetahui setidaknya untuk memeriksa keamanan perangkat secara berkala untuk kenyamanan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon